Macam-Macam Rangka (Lanjutan Materi Sistem Rangka)



Assalammuaikum, Selamat malam semuanya kali ini saya ingin melanjutkan materi tentang Sistem Rangka yang pernah saya bahas dulu, baiklah langsung saja materinya seperti di bawah ini.


Macam-Macam Rangka
Pada umumnya, rangka tubuh manusia dibedakan atas dua kelompok utama, yaitu rangka aksial dan rangka apendikular.
  1. Rangka Aksial
Ranka aksial merupakan rangka tubuh yang berperan untuk menjaga organ-organ utama tubuh, misalnya otak, sumsum punggung, jantung dan paru-paru. Rangka aksial meliputi tengkorak, tulang punggung, tulang iga dan tulang dada.

  1. Tengkorak
Tengkorak atau tulang kepala merupakan sekumpulan tulang-tulang pipih yang tersusun secara rapat sehingga tidak dapat digerakkan, kecuali hanya tulang rahang bawah. Tulang-tulang pembentuk tengkorak dapat dibedakan atas dua kelompok, yaitu tulang tempurung kepala dan tulang pembentuk wajah.
  1. Tulang punggung
Tulang punggung atau tulang belakang bukanlah berupa satu batang tulang yang panjang. Tulang punggung dibangun oleh sejumlah tulang-tulang takberaturan yang terpisah-pisah. Tulang­-tulang seperti ini dikenal dengan sebutan vertebra atau ruas tulang punggung. Masing-masing pusat dari ruas tulang punggung memiliki lubang yang secara bersama-lama membentuk suatu saluran untuk melindungi jaringan saraf tulang punggung..
Tulang punggung memiliki struktur yang kuat sehingga dapat menopang berdiri tegaknya tubuh dan menyangga tengkorak. Selain itu, tulang punggung juga berperan sebagai tempat melekatnya tulang rusuk. Tulang punggung dengan kelenturan yang dimilikinya, memungkinkan seseorang untuk dapat membungkuk atau meliukkan tubuhnya.
Tulang punggung terdiri atas 26 ruas. Ruas-ruas tulang tersebut meliputi 7 ruas tulang leher (servikalis), 12 ruas tulang punggung (torakalis), 5 ruas tulang pinggang (lumbalis), 1 ruas tulang kemaluan (sakrum), dan 1 ruas tulang ekor (koksik). Sebenarnya, satu ruas tulang kemaluan dan satu ruas tulang ekor dibangun oleh beberapa ruas tulang punggung yang telah berfusi menjadi satu. Satu ruas tulang kemaluan berasal dari lima ruas tulang punggung dan satu ruas tulang ekor berasal dari empat ruas terakhir dari tulang pinggang.
Di antara ruas tulang punggung terdapat piringan tulang rawan yang keras dan lentur. Tulang rawan tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya gesekan antartulang dan meredam guncangan yang disebabkan oleh beberapa gerakan, misalnya berlari, melompat, dan berjalan.
  1. Tulang dinding rongga dada
Tulang dinding rongga dada dibangun oleh tulang punggung (torakalis), tulang-tulang rusuk, dan tulang dada. Ketiga komponen tulang tersebut membentuk struktur berbentuk bangunan kurungan atau sangkar. Di dalam bangunan tersebut terletak dengan aman organ jantung dan paru-paru.
Sebanyak 12 pasang tulang rusuk melekat pada ruas tulang belakang, kemudian membentang ke kiri dan kanan. Selanjutnya, tulang rusuk tersebut melengkung ke depan dan ujungnya melekat ke tulang dada, kecuali tulang rusuk paling bawah.
Tulang rusuk dibedakan atas tulang rusuk sejati (kosta vera), tulang rusuk palsu (kosta spuria), dan tulang rusuk melayang (kosta fluktuantes). Sebanyak 7 pasang tulang rusuk sejati masing-masing ujung depannya melekat pada tulang dada. Sebaliknya, 5 pasang ujung depan tulang rusuk palsu tidak melekat pada tulang dada, melainkan menempel pada tulang rusuknya di atasnya. Sementara itu, 2 pasang ujung depan tulang rusuk melayang tidak melekat pada tulang dada dan tulang rusuk lainnya.
Tulang dada merupakan suatu tulang pipih ang memiliki bentuk seperti pedang. Tulang dada dibedakan atas hulu tulang dada (manubrium sterni), badan tulang dada (korpus sterni), dan taju pedang tulang dada (prosesus xiphoid).
Untuk datar pustakanya saya masih tetap menggunakan seperti di bawah ini:
Basuki,s.1988.Anatomi dan Fisiologi Manusia.Jakarta :LPTK DIKTI
BrawijayaWinatosasmito, Djamhur. 1986, Fisiologi Hewan dan Tumbuhan,    Jakarta : Universitas Terbuka.
Pearce,evelin.1989.Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis.Jakarta :Gramedia
Supardan.1999.Sistem Tubuh Manusia.Malang :Universitas

Demikian Materi lanjutan dari Sistem Rangka yang bias saya bagi pada hari ini…. Nantikan lanjutannya ya..

0 Response to "Macam-Macam Rangka (Lanjutan Materi Sistem Rangka)"

Post a Comment