METODE ILMIAH


Metode Ilmiah
Metode ilimiah adalah: suatu proses yang dilakukan dengan langkah-langkah yang sistematis untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Metode ilmiah merupakan suatu cara yang ditempuh oleh ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. 

Dalam metode ilmiah, pengetahuan diperoleh melalui penelitian yang sistematis, objektif, terkontrol dan dapat diuji. Metode ilmiah mengacu pada serangkaian prosedur untuk menyelidiki fenomena, memperoleh pengetahuan baru, atau memperbaiki dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya. Dalam melakukan penelitian (baik penelitian ilmu sosial, ekonomi, IPA dsb) perlu dilakukan langkah-langkah metode ilmiah. Langkah-langkah metode ilmiah perlu dilakukan karena penelitian tersebut bersifat ilmiah, dan harus bisa tersusun secara sistematis, objektif, dan terfokus pada bahasan penelitian.

Langkah-langkah Metode ilmiah: menemukan dan merumuskan masalah, menyusun dugaan sementara (hipotesis), merancang eksperimen untuk menguji hipotesis, melakukan percobaan (melaksanakan eksperimen), mengadakan observasi atau pengumpulan data, menarik kesimpulan, menguji kesimpulan.
Saat melakukan penelitian kita perlu menetukan variable-variabel dalam penelitian tersebut. Dalam penelitian kita mengenal tiga jenis variable yaitu: Variabel Bebas (Faktor yang memberikan pengaruh dan sengaja dibuat berbeda dalam percobaan) , Variabel tak bebas /control (faktor yang dibuat sama pada percobaan) , dan Variable Terikat (faktor yang muncul akibat variable bebas) / variable yang diteliti.
Untuk menjadi seorang ilmuan atau untuk melakukan penelitian dengan memnggunakan metode ilmiah kita memerlukan sikap ilmiah. Sikap ilmiah adalah: Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus ada pada diri seorang ilmuwan atau akademisi ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah. Sikap ilmiah ini perlu dibiasakan dalam berbagai forum ilmiah, misalnya dalam diskusi, seminar, dan penulisan karyailmiah.  
Sikap-sikap ilmiah yang dimaksud adalah : rasa ingin tahu, jujur, tekun, teliti, objektif, dan terbuka.

3 Responses to "METODE ILMIAH"

  1. Maap pak saya sudah buka tp gag maksud mana yg mau di download... unt materi dr bpak,,
    ne no saya yg baru 081997373091..

    ReplyDelete
  2. oia ini yg post anonim nope dr Anggun aprilia anak TKJ-1 hehrehe.....

    ReplyDelete
  3. Sorry myblog br aja di rehap so br bs muncul skrng postingnya..
    trimakasih atas kunjungannya (^_^)

    ReplyDelete